Wah, Ternyata Ini Penyebab Bau Mulut yang Tidak Sedap

Bau mulut merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu penampilan seseorang. Hal ini sangat mengganggu dan memalukan. Apalagi ditambah dengan setiap harinya kita wajib berinteraksi dan berbicara dengan banyak orang, bau mulut ini pasti akan membuat kita tidak nyaman.


Dalam istilah medis, bau mulut tidak sedap ini disebut dengan halitosis. Bau mulut juga dapat menjadi pertanda gangguan atau penyakit tertentu dalam tubuh kita. Sebuah studi di Amerika menyatakan bahwa mereka baru menemukan teknologi pengujian lewat nafas dapat mendeteksi penyakit kanker lambung dalam tahap awal.

Salah satu penyebab utamanya bau mulut ialah mulut yang kurang bersih karena bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut. Namun tahukah anda ada beberapa hal penyebab lainnya yang menyebabkan bau mulut tidak sedap :
- Mulut yang kering
Apabila mulut kita dalam keadaan kering, itu terjadi karena kurangnya produksi saliva dalam mulut. Saliva itu adalah air liur pada mulut yang fungsinya untuk membersihkan mulut secara alami.
Nah ketika mulut kita mengering, maka dapat terjadinya bau mulut.

- Merokok
Bagi yang merokok, akan dapat meningkatkan risiko penyakit bagi gusi gigi dan juga mengalami bau mulut tidak sedap semakin tinggi akibat aroma tembakau.

- Banyak mengonsumsi obat-obatan
Setiap obat-obatan pasti memiliki efek sammping. Apalagi obat-obatan yang mengandung antihistamin dan diuretik, dapat menyebabkan bau mulut.

- Makanan
Makanan termasuk salah satu sumber dari bau mulut yang tidak sedap. Ada beberapa makanan yang dapat meninggalkan bau yang dapat bertahan lama di mulut misalnya seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas, rempah-rempah eksotis (seperti kari), beberapa keju, ikan, dan minuman asam seperti kopi.

- Mengalami gangguan kesehatan
Ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan bau mulut yang tidak sedap seperti infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, sariawan, bronchitis, diabetes, refluks asam, intoleransi laktosa, masalah perut.