Pantangan Yang Perlu Diperhatikan di Bulan Hantu atau Chit Gwee Pua

Percaya atau Tidak, menurut kepercayaan dari Tiongkok kuno maka dipercaya bahwa bulan ketujuh merupakan bulannya pintu neraka telah terbuka, maka bulan ini disebut sebagai bulan hantu yang berkeliaran.


Suatu masa dalam penanggalan Tionghoa yang biasa dikenal dengan nama Zhong Yuan Jie (中元节) yang bermakna Pertengahan Bulan ke-7 yang dalam bahasa Hokkien, juga disebut Chit Gwee Pua.

Ditandai hari pertama pada bulan ke tujuh dalam kalender Tiongha, konon semua pintu neraka dibuka dan para roh yang sudah meninggal akan keluar untuk mengunjungi bumi selama satu bulan penuh, dan mencari persembahan berupa makanan dan barang-barang dan menjenguk anak cucunya.

Namun bagi para arwah yang anak cucunya tidak menyediakan sesajian di rumah, mereka akan mencari makanan di kelenteng, viraha ataupun di rumah abu yang melaksanakan ritual.

Ada beberapa pantangan yang berhubungan dengan mitos atau takhyul, yang dulunya apabila dilanggar akan mendatangkan nasib yang buruk atau kesialan :

1. Dilarang keluar malam hari, karena konon para hantu akan bergentayangan di masa-masa itu.2. Jangan sembarang melangkah atau menendang barang-barang yang berada di pinggir jalan. Karena mungkin saja barang-barang itu adalah milik atau dipersembahkan kepada hantu-hantu yang bergentayangan.3. Jangan membuka payung di malam hari, terutama jika payung itu berwarna merah.4. Jangan menggantung pakaian di tengah malam.5. Jangan menyisir rambut di depan cermin, pada tengah malam.6. Jangan bersiul-siul sendirian di malam hari. Karena para hantu tersebut akan mengira kalian sedang memanggil mereka.7. Jangan meludah dan membuang air kecil sembarangan tanpa permisi, terutama di bawah pohon.8. Jangan mengikuti atau mencium aroma-aroma harum yang kamu tidak ketahui sumbernya.9. Jangan berenang di sungai atau di kolam di tengah malam hari, sesuatu bisa saja menunggu untuk menarik kakimu ke bawah air.10. Jangan bermain di taman bermain di tengah malam hari, terutama dengan ayunan.