Sering Menangis? Ternyata Air Mata memiliki Beberapa Fakta yang Menarik, Yuk Simak

Air mata adalah sebagai cairan mata yang menjadi luapan dari tanda emosi seseorang. Cairan mata ini dihasilkan dari prosesnya lakramasi.


Namun cairan ini bukan menandakan timbulnya emosi namun juga rasa gembira yang luar biasa.
Menangis mengeluarkan air mata itu merupakan hal yang wajar bagi tiap manusia. Hampir semua manusia pernah menangis.

Namun rata-rata wanita lebih sering menangis dibandingkan pria. Wanita rata-rata 5,3 kali per bulan, sedangkan pria rata-rata menangis 1,3 kali per bulan.

Menangis dengan mengeluarkan air mata juga sangat bagus karena akan berfungsi sebagai penjaga kelembapan mata atau terhindar dari kekeringan mata.

Dibawah ini ada beberapa fakta yang menarik tentang air mata :
- Air mata dapat mengurangi stress
Dengan menangis kita dapat mengekspresikan perasaan yang sedang kita rasakan. Seperti ketika kita sedang emosi, dengan menangis kita akan merasa lebih lega.

- Air mata memiliki 3 jenis yang berbeda
Ada 3 jenis air mata yang dikeluarkan oleh mata kita yaitu air mata emosi, air mata basal, dan air mata refleks. Masing-masing jenis air mata memiliki fungsi yang berbeda-beda.

- Ingus seiring mengalir ketika kita menangis
Banyak oran yang mengeluarkan ingus ketika mereka menangis. Bagaimana bisa ya? Ketika kelenjar air mata mengeluarkan air mata yang berlebihan, beberapa mengalir ke lubang hidung dan keluar lewat hidung.
Nah ternyata yang keluar dari hidung sebenarnya bukan ingus yang berlendir, melainkan air mata yang melewati lubang hidung.

- Air mata buaya itu nyata
Penelitian di University of Florida, air mata buaya memang benar adanya dan tak hanya sekedar kiasan. Air mata buaya tidak berkaitan dengan hal apapun. Namun hal ini wajar untuk melindungi kesehatan mata, mengingat buaya memiliki kelopak mata ketiga.