Selain Enak, Ternyata Hati Ayam Bermanfaat bagi Kesehatan

Tahukah anda bagian hati dari seekor ayam itu sangat bergizi yang mengandung berbagai nutrisi penting? Hati ayam banyak mengandung tinggi protein, berbagai mineral (fosfor dan zat besi), lemak, dan vitamin (B12, A, C, Niacin). Kandungan itu sangat jelas dibutuhkan bagi pertumbuhan tubuh.


Memang hati ayam ternyata sangat tinggi akan kolesterol, namun hati ayam tidak terlalu tinggi akan kandungan lemak. Maka kita masih aman untuk mengonsumsinya namun tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Sebagai makanan yang tinggi protein, hati ayam ternyata dapat membantu membangun dan memperkuat kulit, rambut, dan jaringan tubuh lain.

Dibawah ini ada manfaat hati ayam untuk kesehatan tubuh :
- Meningkatkan Kinerja Otak
Kandungan vitamin B12 di dalam hati ayam diperlukan untuk meningkatkan kinerja otak dengan tepat dan berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan juga DNA.

- Memenuhi Gizi Ibu Hamil
Zat folat dengan jumlah yang lebih tinggi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena berfungsi untuk mencegah gangguan kehamilan dan kelainan pada janin. Karena kadar folat atau vitamin B-9 dalam hati ayam sangat tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil.

- Menjaga Kesehatan Tubuh
Zat riboflavin pada hati ayam sangat baik untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh. Jika kita kekurangan riboflavin biasanya bibir kita akan pecah, kulit akan rusak disekitar mulut dan terasa rasa sakit pada hidung. Akan tetapi jika rutin mengonsumsi hati ayam, maka bisa meningkatkan kesehatan jaringan tubuh.

- Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Kandungan fosfor dalam hati ayam memiliki nilai lebih dari 40 persen dalam 1 ons penyajian. Fosfor di dalam hati ayam dapat membantu tubuh dalam menjaga pertumbuhan gigi dan tulang.

- Sumber Mineral untuk Tubuh
Mineral seperti zat besi bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang dapat menjaga aliran oksigen dalam darah.
Hati ayam dapat membantunya karena mengandung sumber mineral yang sangat lengkap.