Diet tanpa susu dapat mengganggu kesehatan tulang berikut liputannya



Menurut survei yang di lakukan oleh Osteoporosis Society, menjelaskan bahwa 25% pendiet akan mengurangi asupan susu dalam program diet mereka. Hal tersebut sungguh memprihatinkan di karenakan susu merupakan sumber utama kalsium untuk kesehatan tulang manusia.

Dengan kurangnya asupan susu tulang manusia akan kekurangan kalsium yang di mana dapat meningkatkan penyakit Osteoporosis. Mereka mengatakan jika ingin mengurangi asupan susu bisa diganti dengan sumber lain seperti kacang - kacangan, biji - bijian dan ikan.

Susu dan makanan, seperti keju dan yoghurt, merupakan sumber penting kalsium untuk tulang yang kuat. Survei yang di lakukan menunjukkan bahwa banyak anak muda mencari saran diet dari blogger dan vlogger di internet, Meskipun ada beberapa sarang yang baik tetapi beberapa orang menjadi terlalu ketat terhadap apa yang mereka makan.

Sebuah survei Food Standards Agency baru-baru ini menemukan bahwa hampir setengah dari anak usia 16-24 tahun mengatakan mereka memiliki intoleransi terhadap susu dan produk susu sapi.

Prof Susan Lanham, kepala ilmuwan gizi di Universitas Surrey dan juga merupakan penasehat National Osteoporosis Society, mengatakan. " Diet pada awal usia dewasa sangat penting karena pada saat kita masuk ke umur 20 an terlambat untuk membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kekurangan gizi dan kesempatan untuk membangun tulang yang kuat telah berlalu." tuturnya.

Beberapa makanan yang mengandung Kalsium


  1. Produk susu merupakan sumber utama kalsium seperti susu, keju dan yoghurt
  2. Susu sapi merupakan sumber terbaik tetapi kedelai dan kacang almond juga mengandung kalsium.
  3. Skim dan semi-skim susu mengandung lebih banyak kalsium dari susu penuh lemak sapi
  4. Sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan tepung putih produk juga mengandung kalsium
  5. Pilih keju rendah lemak dan yoghurt untuk mengurangi asupan lemak, meskipun keripik dan biskuit mengandung banyak lemak lebih.


Untuk orang dewasa, 700mg kalsium per hari dianjurkan tetapi anak laki-laki dan perempuan antara umur 11 dan 18 perlu hingga 1000mg per harinya. Walaupun begitu Susu cenderung membuat kontribusi terbesar untuk asupan kalsium dan jika ingin mengganti dengan sumber lain bisa dengan roti, sereal, ikan kaleng, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau serta memilih alternatif susu yang diperkaya dengan kalsium.