5 Ciri Keputihan yang Tidak Normal dan Berbahaya

Hampir setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kebanyakan mereka menganggap keputihan sebagai sesuatu yang biasa yang terjadi terhadap semua wanita.


Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina yang bukan darah. Cairan tubuh yang keluar per vagina dapat merupakan cairan normal dan dapat juga merupakan cairan yang tidak normal.

Di bawah ini merupakan ciri-ciri keputihan yang tidak normal :
1. Cairan berubah warna
Cairan keputihan memiliki warna normal keputihan. Namun ketika carian mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), maka Anda perlu mewaspadai adanya gangguan pada vagina. Umumnya, penyebab perubahan warna adalah infeksi oleh bakteri.

2. Berbau
Keputihan yang abnormal tidak memiliki bau yang khas. Bau keputihan dapat menjadi amis pada kasus tertentu. Ketika keputihan sudah berbau,cobalah konsultasikan dengan dokter terdekat.

3. Keputihan bergumpal
Keputihan yang normal adalah cair dan tidak bergumpal. Namun jika keputihan sudah bergumpal, patut dicurigai adanya infeksi jamur.

4. Keluhan nyeri kencing
Jika keluhan disertai keluhan nyeri kencing, maka patut diwaspadai adanya infeksi bakteri.Pemeriksaan untuk mengetahui adanya infeksi bakteri adalah dengan melakukan pemeriksaan urin.

5. Perilaku berisiko
Perilaku berisiko yang dimaksud adalah hubungan seks bebas. Hubungan seks bebas dapat menyebabkan seorang terinfeksi kuman yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Maka oleh karena itu, hindarilah dalam penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri.