Jaga kesatuan di tengah keberagamaan


Sebuah kenyataan yang tidak bisa diubah oleh sapa pun bahwa indonesia menjadi salah satu negara didunia yang memiliki keberagaman agama baik dari etnis, suku, bahasa, agama,kepercayaan, budaya, tradisi, dan adat istiadat. Meskipun Indonesia terdapat perbedaan tetapi Indonesia bisa mempersatukan dengan semboyan negara yaitu Bhinneka Tunggak Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

Tak hanya kemajemukan, kebhinnekaan, dan keragaman termasuk agama,menjadi sesuatu yang tidak dapat ditolak di Indonesia. Bahkan dapat juga dikatakan,Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu negara yg memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi.

Salah satu wujud toleransi yang berjalan di Indonesia terkaoit agama,adalah peringatan hari raya dan perayaan keagamaan menjadi hari libur nasional.Yang dimaksud hari raya dan perayaan keagamaan ada 6 di Indonesia yakni Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu cu.

Mengajak umat dan memperingati hal tersebut bisa menjaga persatuan ditengah kemajemukan dan keberagaman Indonesia. "Mari selalu menjaga kerukunan dan keberagaman,apabila menjelang pelaksanaan Pemilu Regislatif dan Pilpres, kita satu bangsa satu negara harus bersatu," kata presiden kita Jokowi Dodo.