Tahukah Anda Ternyata Makan Terlalu Cepat memiliki Bahaya untuk Kesehatan

Makanan merupakan kebutuhan wajib rutin yang dilakukan oleh semua orang.
Energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang didapatkan dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.


Mengkonsumsi makanan apapun sebaiknya dikunyah dengan pelan-pelan untuk kesopanan serta sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.
Mengunyah makanan di dalam mulut merupakan proses penghancuran atau pelembutan pertama sebelum makanan masuk ke organ pencernaan di perut kita.

Jadi kita sangat dianjurkan untuk mengunyah makanan lebih lama untuk meringankan organ pencernaan kita.

Berikut 5 bahaya jika kita makan terlalu cepat atau tergesa-gesa :
1. Beresiko menaikkan berat badan berlebih
Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak kita.
Tetapi jika makan dengan cepat, secara otomatis sinyal kenyang belum diterima oleh organ otak. Tapi dilain sisi, perut sudah terisi penuh makanan.
2. Tidak akan pernah menikmati makanan yang dimakan
Aktivitas makan merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan menyehatkan. Saat mengkonsumsi makanan dengan pelan tentu nikmat.
3. Berpotensi memperberat kerja organ pencernaan
Organ pencernaan di perut merupakan pos kedua yang mengolah makanan yang dikonsumsi sebelum didistribusikan ke seluruh tubuh.
Jika proses penghancuran makanan di mulut tidak maksimal, maka secara otomatis organ pencernaan akan bekerja keras dua kali dari seharusnya.
4. Memperburuk kesehatan tubuh anda
Jika terbiasa dengan makan terlalu cepat, berbagai makanan yang tidak menyehatkan akan masuk ke dalam perut dan meracuni tubuh kita terus-menerus.
5. Meningkatkan stress tanpa disadari