Suka Makan Ikan Salmon? Harus Tahu Manfaat dan Efek Sampingnya juga Loh

Ikan salmon memang cukup terkenal akan dagingnya yang merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan juga harganya yang mahal. Selain itu, salmon disebut dengan istilah raja dari segala ikan karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.


Sering dianggap sebagai super food, karena ikan salmon mengandung sangat banyak kandungan yang bergizi baik untuk kesehatan tubuh.
Beberapa kandungan di dalam ikan salmon itu diantaranya adalah omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, protein kualitas tinggi, asam amino, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan fosfor.

Baru-baru ini penelitian baru menunjukkan bahwa ikan salmon kaya akan asam amino. Asam amino pada ikan salmon berguna untuk membentuk sel darah putih, meningkatkan energi tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan juga sebagai anti bodi tubuh.

Selain itu, dipercaya jika mengonsumsi ikan salmon dapat mencegah beberapa penyakit seperti kardiovaskular, radang sendi, dan juga diabetes.

Meskipun begitu, ikan salmon juga pernah menjadi perhatian bagi kesehatan karena kandungan polychlorinated biphenyls (PCBs) yang terlalu tinggi yang berdasarkan penelitian, zat ini dapat mengakibatkan munculnya kanker.

Dan ada juga kabar lainnya yang menunjukkan bahwa adanya resiko terinfeksi cacing parasit yang disebut dengan anisakis. Hal ini terutama bagi orang yang sangat gemar mengonsumsi ikan mentah-mentah.