Pelangi Berpendar Paling Lama Selama 9 Jam di Taiwan

Seorang profesor asal Taiwan mengatakan bahwa ia melihat pelangi melengkung yang ideal bercahaya selama sembilan jam. Dia berencana memasukkan fenomena alam di rekor dunia.

Menurut Chou Kun-hsuan, seorang profesor di Universitas Budaya China, pelangi diamati selama delapan jam dan 58 menit. Mejikuhibiniu menghias gunung-gunung di sekitar Taipei.


Zhou dan rekannya Liu Jing-huang bergegas mendokumentasikan pelangi tersebut, yang muncul pada 30 November. Ia mengumpulkan murid-muridnya untuk mengambil gambar dari semua sisi. Para profesor pertama kali memeriksa pelangi untuk menguji teori bahwa band lampu pada akhirnya akan jatuh.

"Sungguh menakjubkan ... Ini seperti berkah dari Tuhan ... Ini sangat jarang terjadi," kata Zhou BBC BBC, yang dikutip oleh The Guardian, Selasa (5/12/2017).

"Kami memecahkan rekor sebelumnya, yaitu enam jam ketika saya hampir tidak bisa duduk untuk makan malam."

"Saya sangat senang," katanya lagi.

Sang profesor melihat sembilan pelangi terpisah selama sembilan jam dan memotretnya dalam bingkai. Sehari sebelumnya, dalam waktu enam jam, pelangi muncul di kampus.

Kombinasi monsun, yang menangkap udara lembab dan meniup angin dan langit yang sebagian mendung, membuat pelangi terlihat begitu lama. Kelembaban membentuk awan dan menyebabkan hujan deras, namun masih banyak sinar matahari.

Sinar matahari yang mengalir melalui hujan dan kelembaban di udara menciptakan sebuah fenomena, namun hanya bila dilihat pada sudut siku-siku.

Zhou berencana untuk berlangganan catatan dunia Guinness untuk pelangi terpanjang di dunia. Pemegang rekor sebelumnya terlihat di Sheffield, Inggris selama enam jam pada tahun 1994.

"Dengan 10.000 gambar yang diambil di departemen kami sendiri dan, terutama, karena orang lain membawa kampus dan orang-orang terdekat, kami dapat membuktikan kepada Guinness bahwa pelangi ini memakan waktu sembilan jam," kata Zhou, dengan kesimpulan dari pelangi tersebut.