Sering Banyak Makan Pisang Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh Kita Loh

Pisang memiliki segudang khasiat yang berguna bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh kita. Pisang memiliki kandungan serat tinggi dan tiga gula alami yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa yang dapat memberi kekuatan maupun energi yang sangat besar.


Selain kandungan serat yang tinggi, pisang juga memiliki zat-zat lainnya yaitu vitamin B6, mangan, vitamin C, serat, potasium dan magnesium.

Pisang dapat membantu untuk mengatasi depresi, menghilangkan perasaan mabuk, melindungi terhadap kanker maupun ginjal, mencegah penyakit diabetes, osteoporosis dan kebutaan serta dapat menyembuhkan gatal dari gigitan nyamuk.

Banyak manfaat kesehatan yang kita dapat jika kita mengonsumsi. Bahkan buah pisang dipilih sebagai sarapan di kalangan negara maju karena dapat memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Namun jangan salah, pisang dapat dibuat berbagai macam menu makanan seperti digoreng hingga dibuat menjadi bahan kue atau bahan cemilan.

Ingatlah bahwa mengoreng pisang itu beresiko memusnahkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan kadar lemak. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Konsumsilah buah pisang yang alami atau mungkin juga bisa di jus. Dibawah ini ada beberapa manfaatnya jika mengonsumsi pisang :
- Menurunkan berat badan
Pisang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yag tidak akan meningkatkan glukosa secara drastik. Adajuga kandungan rendah lemak yang dapat membantu memperlacar proses metabolism dalam tubuh.

- Melindungi dari Penyakit HIV
Studi dari Journal of Biological Chemistry mengungkapkan bahwa pisang bisa mengikat gula ke dalam sel yang terinfeksi HIV dan mencegah replikasi dan transmisi HIV.

- Memperbaiki Pertumbuhan Tulang
Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung kalsium. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, pisang dapat menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pembentukan tulang karena adanya zat Fructooligosaccharides mampu meningkatkan tubuh dalam menyerap kalsium.

- Membersihkan Wajah dari Noda Jerawat
Pisang juga dapat dijadikan sebagai masker untuk muka agar muka menjadi halus dan cerah.

- Membantu menjaga tekanan darah
Mengonsumsi buah pisang pada malam hari dipercaya dapat membantu meningkatkan kestabilan tekanan darah. Kandungan potasium yang baik dalam pisang bermanfaat untuk membantu peredaran darah sehingga menekan resiko timbulnya stroke.